Friday, 17 June 2011

Operation flsh point : red river

Developer: Codemasters Software
Publisher: Codemasters Software
Similar Games: Ghost Recon: Advanced Warfighter 2
Genre: Modern First-Person Shooter
Media: 1 DVD

Minimum Requirement:
Windows XP/Vista/7
Pentium 4 2.4 GHz
1.5 GB RAM
5.3 GB hard disk space
256 MB Video Card (ATI Radeon X1800 or NVidia GeForce 7800)

Kekuatan militer Amerika Serikat yang besar selalu menjadi kebanggaan negara adidaya tersebut. Mulai dari beragam senjata canggih hingga pesawat tempur dengan bom pintar menjadi perpanjangan tangan Amerika dalam menghukum musuhnya. Oleh karena itu, game dengan tema pertempuran modern selalu menjadi ladang bermain untuk persenjataan negara ini. Begitu juga dengan seri game Operation Flashpoint. Seri game perang yang selalu menggelar pertempurannya dalam skala besar ini memperlihatkan kecanggihan Amerika. Bahkan, bisa dibilang dekat sekali sifatnya dengan propaganda. Operation Flashpoint: Red River merupakan ujung tombak baru dari seri game ini.
Tema yang diangkat Operation Flashpoint: Red River (OFRR) berputar di sekitar topik hangat militer Amerika saat ini, yaitu perang terhadap teroris. Setting waktu yang digunakan memang agak maju beberapa tahun ke depan (2013), tetapi persenjataan yang digunakan dan metode militernya tidak berbeda dengan yang digunakan saat ini. Setelah Afganistan yang dituduh Amerika sebagai negara pengayom teroris Osama Bin Laden dan organisasi Al-Qaeda berhasil dikuasai negara adidaya ini, perhatiannya beralih ke Tajikistan. Negara kecil di Timur Tengah ini dituduh Amerika sebagai daerah pemusatan baru kekuatan militer teroris, yang disebut dengan nama Insurgent. Itulah sebabnya militer Amerika menyerang negara ini dan tema ini pula yang menjadi dasar cerita OFRR.
Anda akan berperan sebagai pimpinan kelompok militer Marinir Amerika yang biasa disebut Fireteam. Seorang tentara berpangkat Staff Sergeant bernama Knoxx merupakan pimpinan dari beberapa Fireteam dengan kode panggilan Outlaw. Bila Anda merasa tersinggung dengan kata-kata kasar dalam bahasa Amerika, maka bersiaplah untuk selalu merasa tidak nyaman ketika memainkan game ini. Setiap kalimat yang keluar dari Knoxx selalu berisikan kata kasar dan celaan hingga ke tahap berlebihan. Namun, kekerasan ini pula yang menjadi ciri khas Knoxx dan Outlaw miliknya. Selain itu, Anda juga akan bertemu dengan 10 peraturan Knoxx untuk dapat bertahan hidup di medan perang. Apa saja peraturan tersebut? Mainkan game ini dan Anda akan hafal dengan sendirinya karena hal itu akan selalu diulang Knoxx dalam setiap kesempatan.
Fireteam merupakan kelompok tempur beranggotakan empat prajurit. Pada game ini, Anda selalu menjadi pimpinan dari Fireteam Bravo, salah satu dari tiga kelompok tempur di bawah pimpinan Knoxx. Jenis prajurit yang ada dalam Fireteam biasanya terdiri dari Rifleman, Grenadier, Scout, dan Auto Rifle. Sebelum memulai permainan, Anda dapat memilih salah satu jenis prajurit tersebut dan berkesempatan mengatur persenjataan yang dimiliki. Pemilihan jenis prajurit ini termasuk sangat penting, mengingat peran Anda dalam pertempuran bergantung pada hal ini.
Bila Anda menyukai pertempuran jarak menengah, pilihlah Rifle dan Auto Rifle. Persenjataan berat Auto Rifle (Light Machine Gun) yang mampu menghujani peluru sangat cocok untuk menekan posisi musuh supaya mereka dapat diserang dari samping. Saat itu terjadi, Anda cukup memerintahkan ahlinya pertempuran jarak dekat, yaitu Grenadier, untuk menyerang dari samping dan menghabisi musuh. Selain itu, Grenadier juga memiliki koleksi bahan peledak yang banyak, seperti Grenade Launcher dan granat. Kemudian, jangan lupakan peranan Scout untuk mendeteksi posisi musuh dan penyerangan jarak jauh dengan menggunakan senjata Sniper Rifle.
Komposisi Fireteam yang terdiri dari beragam kemampuan tersebut menuntut kerjasama tim yang kompak. Apalagi pada dasarnya Anda menyerang daerah yang dihuni musuh dengan jumlah yang lebih banyak dan dalam posisi bertahan. Selain itu, OFRR merupakan simulasi perang. Jadi, Anda dapat dengan mudah terbunuh akibat satu atau dua peluru musuh. Bila Anda beruntung, peluru musuh akan mengenai rompi antipeluru terlebih dahulu dan Anda akan mengalami pendarahan. Namun, bila pendarahan tersebut tidak segera disembuhkan, akibatnya akan sangat fatal dan nyawa Anda akan melayang. Untungnya, semua prajurit memiliki alat penyembuhan yang dapat menghilangkan segala jenis luka. Namun, Anda akan menjadi target empuk serangan musuh di saat menyembuhkan diri karena tidak dapat bergerak dan menyembuhkan diri membutuhkan waktu. Oleh karena itu, sembunyikan diri Anda sebelum mulai membalut luka!
Anda dapat berjalan menaiki gunung itu bila mau.

Sebagai seorang pemimpin Fireteam, Anda akan diberikan kebebasan untuk memberikan perintah. Cukup tahan tombol untuk mengeluarkan roda perintah dan pilih perintah dengan menggunakan tombol gerakan (WASD). Beragam perintah dapat Anda berikan, seperti mengikuti Anda, mempertahankan bangunan, mengubah formasi tempur, membersihkan bangunan dari musuh, dan menyerang musuh dari sisi (Flank). Selain itu, pada beberapa kesempatan Anda juga diberikan kuasa untuk memanggil bantuan tempur, seperti artileri, serangan udara, dan mortar.
Perkembangan jenis prajurit yang Anda gunakan dapat ditemukan dalam game ini. Semakin lama Anda bertempur dengan satu jenis peran, levelnya akan meningkat. Setiap jenis prajurit memiliki sekitar 19 perlengkapan yang dapat dibuka selama permintaan levelnya terpenuhi. Setelah mencapai level 20, Anda dapat mengalihkan perhatian Anda untuk mengembangkan jenis yang lain. Namun, tidak tertutup kemungkinan pula untuk mengubah jenis tersebut di tengah jalan.
Perkembangan Anda juga didukung skill yang dapat ditingkatkan melalui poin skill. Setiap kali Anda berhasil meningkatkan rangking penyelesaian misi (terdiri dari tiga, yaitu Bronze, Silver, dan Gold), poin skill tersebut akan Anda dapatkan. Skill yang bisa Anda kembangkan sebaiknya disesuaikan dengan jenis prajurit yang digunakan. Tingkatkan akurasi Rifle bila Anda menjadi Rifleman dan tingkat keawasan penglihatan ketika menjadi Scout. Anda memiliki kebebasan bereksperimen dengan skill ini karena poin tersebut dapat di-reset kapanpun.

Simulasi berbalut action
Bentuk permainan OFRR sebenarnya tidak jauh berbeda dengan game pendahulunya. Namun, game ini memberikan sentuhan baru yang cukup menarik, yaitu kesan game FPS action seperti Call of Duty. Prajurit yang Anda gunakan dapat lebih cepat bereaksi dan lebih lincah. Walaupun tidak selincah game action dengan kecepatan tinggi, seperti Quake dan Unreal Tournament, game ini menjadi lebih banyak menemui action dibandingkan seri sebelumnya karena waktu Anda tidak banyak terbuang ketika berjalan. Sayangnya, beberapa feature yang sebaiknya ada di dalam game simulasi perang, misalnya mengintip sambil membidik dan menempel di dinding untuk mendapatkan perlindungan yang maksimal dari peluru musuh tidak dapat ditemukan. Padahal, musuh biasanya telah siap membidikkan moncong senjatanya ke arah Anda.
Operasi malam dapat Anda temui dalam game ini.
 Tingkat kesulitan pada game ini juga tidak begitu tinggi bila dibandingkan dengan game sebelumnya. Anda memang dapat menemukan tiga tingkat kesulitan yang membuat musuh lebih responsif dan menghilangkan bantuan di layar supaya terasa seperti perang sungguhan (semua HUD dihilangkan seperti kondisi pasukan, icon tujuan, nama di atas kepala rekan, dan banyaknya peluru yang tersisa). Namun, musuh seakan lupa dengan senjatanya dan sering sekali berlari keluar dari perlindungan. Bahkan, tidak jarang Anda akan merasa berlatih menembak target bergerak yang tidak menembak balik. Peningkatan kepandaian musuh di setiap tingkat kesulitan juga tidak jauh. Anda tidak akan merasa tertekan dengan banyaknya peluru musuh yang ditujukan ke posisi Anda seperti pada selayaknya game sejenis.
Pemandangan yang indah dapat menjadi peringan kebosanan ketika memainkan game ini.
Mode permainan lain yang dapat Anda temukan dalam game ini terdiri dari beberapa jenis, seperti menghabisi semua musuh di satu daerah operasi, menjaga konvoi kendaraan, bertahan di satu daerah, dan menyelamatkan pilot yang pesawatnya tertembak jatuh di belakang garis pertahanan musuh. Semua mode tersebut melibatkan daerah operasi dengan ukuran yang sangat luas. Ciri khas seri Operation Flashpoint ini merupakan satu hal yang sangat menyenangkan untuk dimainkan. Anda dapat menentukan sendiri taktik apa yang akan digunakan untuk menyerang posisi musuh. Sayangnya, kendaraan yang dapat Anda gunakan dalam game ini hanya terbatas pada mobil saja. Tidak ada lagi serangan dari kokpit helikopter tempur seperti yang dapat ditemui di seri sebelumnya. Bahkan, seringkali Anda hanya dibekali kaki saja. Jadi, selamat berlari sejauh dua kilometer menuju pertempuran.
Aksi membuang waktu yang menjadi ciri khas lain dari Operation Flashpoint tersebut juga menular ke saat bermain Campaign. Anda akan sering bertemu dengan event mendengarkan omongan kasar Knoxx di atas kendaraan. Kasus paling parahnya, Anda harus menunggu sekitar beberapa menit untuk mencapai daerah operasi dan saat itulah Anda mendengarkan ceramah Knoxx. Untuk lebih memperparah keadaan, Anda tidak dapat menekan tombol apapun untuk melewati sesi ceramah tersebut! Untungnya, Anda dapat menikmati pemandangan alam di sekitar kendaraan yang memiliki kualitas cukup baik dan detail yang tinggi.(david novan : jagat review)

Kesimpulan

Kesan action yang disuntikkan ke dalam permainan OFRR merupakan perubahan yang bagus. Peningkatan kemampuan dan peralatan prajurit yang Anda mainkan dengan menggunakan feature level dan skill juga sangat menarik. Namun, penurunan tingkat kesulitan dan musuh yang tidak menantang membuat game ini terasa seperti makanan hambar di atas piring emas.
Kelebihan:
Pengendalian unit yang responsif, peningkatan karakter melalui level dan skill, adanya mode LAN, dan dapat bermain bersama rekan untuk menyelesaikan misi campaign.

No comments:

Post a Comment