Tuesday, 12 April 2011

The Sims Medieval

Developer: Maxis
Publisher: Electronic Arts Inc. 
Similar Game: - 
Genre: Simulation 
Media: 2 DVD

Nama The Sims memiliki banyak arti di dalam diri orang-orang yang disentuhnya. Para gamer yang menyukainya menganggap game ini adalah kehidupan kedua yang “menggerakkan dunia” mereka. Namun, di saat bersamaan, game ini juga mendulang rasa benci untuk orang yang dijauhkan dari perhatian gamer The Sims. Bahkan, tidak sedikit pasangan yang berpisah karena berkurang drastisnya perhatian orang yang dicintainya karena memainkan game ini. Kebanyakan korban adiksi The Sims paling parah hingga saat ini adalah para pemain wanita. Mereka tidak dapat mengalihkan perhatiannya dari game ini!

The Sims RPG!

Namun, apa pun yang dikatakan mengenai game ini kenyataannya tetap satu: seri game The Sims adalah game dengan jumlah penjualan tertinggi dibandingkan game lainnya. Oleh karena itu, dirilisnya The Sims Medieval ke dalam jajaran game pembunuh waktu paling efektif ini menimbulkan satu pertanyaan besar: Apakah game ini dapat merangkul para fans The Sims yang notabene tingkat kecanduannya sebanding dengan narkoba? Mengapa pertanyaan seperti itu terlontar? Penyebabnya hanya satu, game ini adalah The Sims dengan tema game Role Playing (RPG) yang penuh dengan petualangan, aksi, strategi, pengembangan karakter, dan quest. Di saat bersamaan, game ini juga masih merangkul erat sistem permainan The Sims untuk menjalankan kehidupan karakter yang dimainkan.
Kapan lagi Anda bisa melihat Sims menggunakan perlengkapan tempur?

The Sims RPG!

The Sims Medieval memang lebih tepat dikatakan sebagai The Sims RPG.
Coba bayangkan: Anda ambil semua feature The Sims yang membuat pemainnya 
kecanduan dan letakkan semua itu ke dalam petualangan karakter RPG! Jadi,
Anda harus melakukan berbagai tugas pahlawan penyelamat dunia, 
seperti menyelesaikan quest, membangun kerajaan, strategi perang, 
bertempur melawan musuh, mencari perlengkapan tempur, 
dan meningkatkan level. Namun, Anda juga harus mengatur kehidupannya, 
seperti bersosialisasi, makan, tidur, mandi, dan meningkatkan mood. 
Bila boleh bicara jujur, game ini terlihat seperti hendak menjaring para gamer 
yang sebelumnya berada di sisi pembenci The Sims menjadi fansnya. 
Apakah cara ini berhasil? Sebelum memutuskan hal itu, sebaiknya 
Anda melihat terlebih dahulu feature yang ditawarkan game ini.

Penduduk kerajaan Anda bukan hanya manusia saja!

Tema utama dari game ini adalah membina karakter yang disebut 
Sim untuk menjadi pahlawan yang berhasil dalam kehidupannya dan 
berhasil membangun kerajaan yang sukses. Penggunaan latar belakang abad 
pertengahan dapat dikatakan sangat bagus untuk memberikan “feel” yang tepat 
demi mendukung tema tersebut. Saat itu, pahlawan bersenjatakan 
pedang dan sihir berkeliaran mengalahkan monster untuk membuat namanya 
dikenang sepanjang zaman. Namun, tema ini juga memberikan perubahan 
yang sangat besar untuk mekanika permainan The Sims. Hal yang paling terlihat 
adalah berkurangnya banyak benda yang biasa digunakan pemain The Sims.
Sebagai contoh, Anda tidak dapat menggunakan kendaraan untuk berpindah tempat, 
tidak dapat meningkatkan skill Sims (memasak, musik, melukis, dan semua skill lain 
yang selalu ada di seri The Sims), dan berkurangnya variasi baju yang dapat 
Anda gunakan. Anda hanya dapat menggunakan armor untuk bertempur, 
baju resmi yang digunakan sehari-hari, dan baju tidur. Pilihan baju untuk 
setiap kategori juga dibuat sedikit jenisnya. Jadi, The Sims Medieval terlihat 
seperti The Sims yang disederhanakan dan ditambal dengan permainan RPG.

Apa yang dilakukan seorang pahlawan dalam waktu senggangnya? 
Tentu saja merawat diri!

Feature lain yang dicabut dalam The Sims Medieval adalah kebebasan untuk 
menjalankan kehidupan dengan bebas. Game ini sangat diatur dengan quest 
yang dijalankan Sims. Akibatnya, Anda harus menyelesaikan quest itu dalam 
jendela waktu yang terbatas. Bila Anda terlalu lama menelantarkan quest yang 
sedang dijalankan, Sims yang dimainkan akan mendapat hukuman. Hal tersebut 
berakibat buruk bagi mood Sims dan hubungan sosialnya terhadap Sims lain. 
Padahal, kunci utama dari kesuksesan The Sims adalah kebebasan untuk 
menjalani kehidupan dan membangunnya menjadi apa yang diinginkan pemainnya

Kehidupan Sehari-hari Para Pahlawan

Menjadi pahlawan dalam The Sims Medieval tidak semudah game 
RPG biasa. Di game ini, Anda harus mengatur kehidupan dan di saat 
bersamaan membangun kerajaan dengan memenuhi berbagai permintaan 
yang banyak jenisnya. Mulanya, Anda harus memilih sebuah jalur cerita 
yang nantinya akan bercabang menjadi beberapa jalur lain. Menurut Anda, 
apakah tugas pertama yang harus dilakukan sebelum mulai menjalankan 
ambisi menguasai dunia? Tentu saja membangun kerajaan terlebih dahulu! 
Cerita pertama akan mengajarkan Anda bagaimana mengatur berbagai aspek 
dalam kehidupan Sims di zaman baru ini. Di cerita ini, Anda harus memenuhi 
batasan poin yang dinamakan Quest Point (QP) untuk membuka cerita baru. 
Bagaimana caranya? Tentu saja dengan menjalankan berbagai quest 
yang ada di dalamnya!

Percantik tempat tinggal Sims dengan berbagai pilihan furniture.

Baiklah, sebelum membahas mengenai hal-hal baru dalam game ini, 
sebaiknya Anda mengetahui dulu feature yang dibawa The Sims sebelumnya. 
Bila Anda adalah seorang fans, tentu hal ini yang ingin diketahui terlebih dahulu ‘kan? 
Mari mulai dari pembuatan Sims. Anda dapat membuat Sims baru setiap kali 
sebuah slot bangunan kosong. Slot pertama yang dapat Anda isi adalah 
istana yang menjadi tampuk singgasana penguasa kerajaan. Cara pembuatan 
Sims hampir sama dengan sebelumnya, yaitu Anda dapat mengubah 
bentuk muka, mengatur komposisi tubuh, menentukan bentuk 
baju yang dipakainya, dan mengatur trait.
Trait merupakan sifat dasar yang dimiliki Sims dan ia akan berperan 
besar dalam kehidupannya. Di game ini, jumlah trait dikurangi menjadi 
tiga saja (di game The Sims sebelumnya Anda dapat membuat lima trait).
Namun, ada satu hal yang membuat pembuatan trait ini sangat berbeda dengan 
seri sebelumnya. Anda harus memilih dua trait positif dan satu trait negatif (Fatal Flaw)! 
Fatal flaw merupakan tantangan berat dalam kehidupan Sims yang harus 
Anda hadapi setiap harinya. Contohnya, Anda memilih Sims dengan 
kekurangan memiliki ketahanan tubuh yang lemah. Sims tersebut akan 
mudah terkena penyakit, perutnya tidak dapat menerima makanan yang tidak enak, 
dan mudah lelah. Contoh lainnya adalah penakut. Sims yang memiliki 
trait ini mudah kabur dari pertempuran dan selalu merasa dirinya terancam dibunuh. 
Dua trait itu merupakan contoh kecil dari banyak fatal flaw yang harus dimiliki Sims.

Sims memiliki tugas yang harus dijalankannya setiap hari.

Lalu, apa akibat dari trait dalam kehidupan Sims? Mereka akan mempengaruhi 
mood Sims yang Anda mainkan. Mood ini berperan besar dalam 
keberhasilan tugas yang Anda lakukan. Bila Anda menemukan hal yang 
tidak disukai Sims, mood akan menuju ke sisi negatif (yang ditandai dengan warna merah). 
Bila mood Sims membaik dengan menjalankan yang disukainya (berdasarkan trait-nya), 
indikator mood akan menuju positif (warnah hijau). Hampir semua tindakan 
yang berdasarkan kemungkinan, seperti berburu, mengambil air dari sumur, 
dan melakukan pekerjaan Sims ditentukan keberhasilannya dari mood tersebut.
Indikator paling jelas dalam game ini untuk menentukan kebutuhan 
Sims adalah makanan dan tidur. Kebutuhan Sims lain, seperti mandi, 
buang air, dan bersosialisasi dengan Sims lain tidak terlihat dalam bentuk 
indikator. Anda dapat melihatnya setelah efek negatifnya muncul di mood dan 
tampilan visual Sims. Jadi, Anda harus secara berkala melakukan 
beberapa ritual kehidupan Sims yang tidak dapat dilihat keadaannya 
demi menjaga mood tetap baik ketika melakukan tugas yang penting.
Tingkatkan level Sims dengan menjalankan tugas yang sesuai dengan profesinya.

Tugas Para Pahlawan

Nah, sekarang tiba saatnya membahas mengenai bagian baru dalam The Sims, 
yaitu elemen RPG dan petualangan. Kerajaan yang Anda tempati mulanya 
hanya memiliki satu bangunan saja, yaitu istana. Setelah Anda membuat 
Sims yang memimpin bangunan ini, Anda harus memilih sebuah quest. 
Bentuk quest yang ditawarkan selalu terdiri dari tiga tingkatan. 
Pertama bentuk umum dari quest, misalnya mengalahkan bandit, 
mengumpulkan bahan bangunan, menenangkan demonstrasi warga, 
dan menghadiri sirkus. Setelah memilih quest tersebut, Anda akan 
menemukan pilihan untuk menyelesaikan quest tersebut. Pilihan tersebut 
tergantung dari bangunan yang telah Anda miliki di kerajaan. Lebih banyak 
mengenai bangunan ini akan dibahas nanti. Terakhir, Anda harus 
memilih pahlawan yang akan menyelesaikan misi tersebut.

Kehidupan Sims tidak melulu enak. Ada kalanya dia harus bermalam di tempat hukuman.

Pencabangan penyelesaian misi tersebut memberikan beberapa alternatif 
penyelesaian untuk setiap quest. Jadi, cara menyelesaikan misi dengan 
menggunakan politik akan berbeda bila diselesaikan melalui cara 
perdagangan. Hal ini membuat semua misi yang ada dapat diselesaikan 
dengan cara Anda sendiri. Bila Anda lebih suka meningkatkan 
Sims Monarch dibandingkan Sims Soldier sebaiknya Anda selalu memilih 
pahlawan Monarch untuk menyelesaikan setiap misi yang ada. 
Begitu juga bila Anda lebih suka menggunakan Blacksmith yang dapat 
membuat senjata yang keren dan menggunakannya untuk menyelesaikan 
berbagai misi yang ada.
Sebelum membahas lebih jauh mengenai sistem pengembangan 
karakter, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu mengenai 
pembangunan kerajaan. Setiap keberhasilan dalam mengemban misi, 
Anda akan mendapatkan hadiah berupa Quest point, 
Reputation Point (RP), uang (Simoleon), nilai pengalaman untuk 
meningkatkan level Sims, dan reputasi. Untuk membangun, Anda 
membutuhkan RP dalam nilai tertentu. Misalnya, untuk membangun 
Barrack dibutuhkan 50 RP. Begitu juga bila ingin membangun fasilitas lain, 
seperti klinik, Mage Tower, mercu suar, pasar, dan taman. 
Setelah membangun sebuah fasilitas, RP yang digunakan akan hilang 
dan Anda harus mengumpulkan RP kembali melalui quest.

Berbagai jenis profesi dapat Anda temukan setelah membangun fasilitas baru di kerajaan.

Fasilitas yang Anda bangun akan mempengaruhi dua hal dalam kerajaan. 
Pertama, ia akan menghadirkan pahlawan baru yang pekerjaannya 
sesuai dengan bangunan yang ditempatinya. Misalnya, ketika 
Anda membangun Barrack, pahlawan dengan pekerjaan Soldier akan hadir. 
Anda dapat mengatur bentuk dari Sims yang akan menempati bangunan 
tersebut atau cukup pilih dari Sims yang telah disediakan. 
Begitu juga dengan bangunan lain yang hadir di kerajaan Anda, 
mereka akan menghasilkan pahlawan baru dengan berbagai profesi, 
seperti Mage, Trader, Blacksmith, Priest, dan Spy. Pahlawan dengan 
berbagai profesi ini memberikan corak bermain yang menarik dalam 
menyelesaikan misi dan pengaruhnya terhadap kehidupan Sims lain.
Pengaruh kedua dari bangunan adalah terbukanya slot indikator 
keadaan kerajaan. Pada dasarnya, kerajaan Anda akan memiliki 
kondisi yang harus diperhatikan dengan seksama. Indikator tersebut 
dibagi menjadi empat jenis, yaitu Well-being, Security, Culture, 
dan Knowledge. Well-being berhubungan dengan tingkat kesehatan 
dan kesejahteraan rakyat. Bila poin ini rendah, penyakit dapat 
dengan mudah menjadi wabah. Sims yang terkena penyakit akan 
berantakan mood-nya! Security menentukan keamanan kerajaan. 
Bila rendah, bandit dapat dengan leluasa menindas rakyat dan 
binatang buas juga menjadi lebih sering muncul. Kemudian, 
Culture menentukan kebudayaan kerajaan Anda. Bila poin ini rendah, 
rakyat menjadi mudah memberontak karena kurangnya hiburan. 
Terakhir, Knowledge menentukan tingkat pendidikan. 
Bagaimana bila poin ini rendah? Seharusnya Anda bisa menebaknya sendiri!

Uji nyali dan kemampuan Sims dengan melawan monster yang mengerikan!

Ingat! Bangunan hanya membuka slot indikator keadaan kerajaan saja, 
bukan mengisinya! Jadi, Anda harus mengisinya dengan menyelesaikan 
quest yang berhubungan dengan keadaan tersebut. Misalnya, 
Anda mengambil misi mengalahkan bandit untuk meningkatkan 
keamanan dan misi menyembuhkan wabah untuk meningkatkan 
kesehatan rakyat. Tidak semua misi hanya menambahkan 
satu indikator saja. Ada kalanya Anda dapat menemukan misi 
yang meningkatkan dua indikator keadaan kerajaan.
Sekarang, mari kembali ke pengembangan karakter. Sims yang 
Anda mainkan akan mendapatkan nilai pengalaman bila dia menjalankan 
beberapa aksi tertentu. Jumlah nilai tersebut besarnya tergantung dari 
kecocokan profesi dengan aksi yang diembannya. Misalnya, seorang 
Monarch akan mendapatkan nilai lebih besar dengan menjalankan tugas 
negara dibandingkan dengan berlatih pedang. Begitu juga dengan seorang 
Blacksmith yang jauh lebih besar poin pengalamannya ketika menempa 
senjata dibandingkan menjalankan politik. Nilai pengalaman itu digunakan 
untuk meningkatkan level Sims. Setiap kenaikan level akan meningkatkan 
kemampuan bertempur dan kemampuan yang sesuai dengan profesinya. 
Blacksmith akan lebih cepat membuat senjata berkualitas, apoteker 
dapat menyembuhkan dengan optimal, dan prajurit dapat mengalahkan 
musuh yang kuat menggunakan berbagai jurus baru yang dimilikinya.

Kumpulkan poin dari quest untuk membangun fasilitas baru di kerajaan.

Selain meningkatkan level Sims, Anda juga harus awas dengan 
tugas harian yang diemban Sims tersebut. Biasanya, Sims memiliki dua 
jenis pekerjaan yang selalu berubah setiap harinya. Keberhasilan menjalankan 
tugas tersebut akan memberikan nilai pengalaman, uang, dan mood yang besar. 
Namun, kegagalan menjalankannya akan berakibat kepada jatuhnya mood. 
Kegagalan biasanya terjadi ketika Anda tidak berhasil menjalankan tugas 
tersebut hingga waktu yang ditentukan. Biasanya, Anda diberikan waktu 
selama setengah hari untuk menyelesaikannya. Bentuknya juga disesuaikan 
dengan profesi Sims, seperti menjaga keamanan untuk prajurit, membuat 
pesanan senjata untuk Blacksmith, dan mendengarkan keluhan warga untuk Monarch.

Ya, Anda masih bisa membuat karakter di game ini!

Demikian kehidupan yang harus dihadapi Sims untuk menjadi pahlawan 
yang dikenang rakyatnya. Setelah Anda selesai menyelesaikan sebuah quest, 
misi baru menanti hingga Anda dapat memenuhi permintaan QP pada sebuah 
cerita. Harus diakui, durasi menyelesaikan sebuah cerita tergolong sangat 
lama karena jumlah Qp yang diberikan sebuah misi sangat 
kecil (sekitar 1 hingga 4 QP). Sedangkan untuk menyelesaikan sebuah 
cerita diperlukan 50 QP! Jadi, permainan ini jelas akan menghabiskan 
waktu Anda dan mungkin secara bersamaan kesempatan 
Anda untuk bersosialisasi dengan manusia lain! Ingat, 
Anda telah diperingatkan! Silahkan tanggung sendiri risikonya!

 Kesimpulan:

The Sims Medieval berusaha menarik perhatian gamer yang menyukai game 
action dan RPG ke dalam franchise-nya dengan feature yang berani. 
Selain harus bertualang, membangun kerajaan, dan menyelesaikan 
berbagai misi, Anda juga harus memikirkan kehidupan pribadi 
pahlawan yang dimainkan. Apakah hal ini menarik? Tentu saja! 
Kapan lagi Anda dapat memainkan karakter RPG dan mengatur 
kehidupannya selain di game ini? Namun, apakah hal ini akan 
menarik perhatian pada gamer yang menyukai The Sims terdahulu? 
Kemungkinannya kecil.
(sumber : jagatreview)

Minimum Requirement:
Windows XP/Vista/7
Pentium 4 2.4 GHz
1 GB RAM (1.5 GB for Vista/7)
5.3 GB hard disk space
256 MB Video Card (ATI Radeon 9500 or NVidia GeForce FX5900)




No comments:

Post a Comment