Tuesday, 5 April 2011

Need for speed Shift 2 Unleashed


Popularitas seri game Need for Speed (NFS) asuhan publisher kenamaan Electronic Arts harus diakui cukup tinggi di kalangan gamer pecinta balapan. Begitu banyak seri game NFS yang dirilis perusahaan ini dan semua selalu mengacu ke tujuan yang sama, yaitu balapan arcade yang cepat, brutal, dan koleksi mobil keren. Semua kecuali dua, yaitu NFS Shift dan Pro Street. Game tersebut memperkenalkan bentuk baru ke dalam NFS dan penerimaan para gamer saat itu sayangnya tidak begitu baik. Balapan setengah simulasi yang diberikan NFS Shift terasa tanggung dan banyaknya bug yang membayangi pemainnya membuat game ini tidak sukses besar. Demi memperbaiki nama NFS Shift, Electronic Arts kembali menghidupkan seri game ini dengan merilis NFS Shift 2 Unleashed.
Bila Anda memperhatikan dengan saksama perkembangan Need for Speed, ada satu hal yang dapat dicermati dari sisi pengembang gamenya. Pihak pengembang NFS selalu berasal dari studio asuhan Electronic Arts sendiri, seperti EA Seattle, EA Canada, dan EA Black Box. Namun, semenjak Shift dan NFS Hot Pursuit (2010), Electronic Arts mempercayakan pengembangan game ini di tangan perusahaan lain, yaitu Slightly Mad Studios (Shift) dan Criterion Games (Hot Pursuit). Lalu, apakah hal ini ada hubungannya dengan bentuk permainan NFS yang bersangkutan? Tentu ada! Hot Pursuit menjadi mirip game Burnout yang juga dibuat Criterion. Pengembang Criterion berhasil membuat Hot Pursuit menjadi lebih menarik, sedangkan Shift menjadi game simulasi tanggung. Nah, di Shift 2, pengembang yang sama, yaitu Slightly Mad Studios, kembali menangani pembuatannya. Apakah Shift 2 akan mengalami hal yang sama seperti pendahulunya?

Pembalap Tanpa Latar Belakang

Apakah Anda ingat salah satu ciri khas seri game NFS selain yang berhubungan dengan balapannya? Ya, NFS selalu memiliki cerita di balik semua balapan yang Anda lakukan! Apakah itu sebagai seorang pembalap yang dicurangi dan ingin membalas dendam atau seorang polisi yang menyamar untuk membekuk sindikat penjualan mobil gelap. Semenjak NFS dibuat di media penyimpanan next-gen, cerita merupakan salah satu daya tarik terbesar dari game ini. Cerita dan cewek cantik ala NFS! Lalu, bagaimana dengan NFS Shift 2? Apakah hal ini masih dapat ditemui? Sayangnya, tidak ada cerita yang solid di balik semua balapan yang terjadi.
Kalau begitu akan berperan menjadi siapakah Anda di game ini? Satu hal yang pasti, Anda adalah seorang pembalap pemula dengan pengalaman sangat sedikit. Tujuan Anda? Menjadi nomor satu di dunia balapan dengan menjuarai seri balap GT1. Ceritanya berhenti sampai di sini saja. Apakah hal yang sama terjadi di Shift pertama? Ya, kasusnya sama. Tidak adanya cerita yang menarik untuk diikuti pemain membuat game ini tidak memiliki daya tarik selain permainan balapannya saja. Nah, sekarang Anda tentukan sendiri apakah game ini memiliki permainan yang menarik atau tidak dengan membaca lebih lanjut review berikut ini.

Perjalanan Mendaki Menjadi Pembalap Profesional

Sejauh apakah permainan simulasi pada NFS Shift 2? Pertanyaan ini tentunya harus dijawab terlebih dahulu sebelum Anda mengetahui lebih lanjut mengenai feature yang akan ditemui dalam game ini. Ketika pertama kali game ini dimainkan, Anda akan diberikan sebuah sambutan khas dari seri NFS. Apakah itu? Anda akan diberikan kesempatan untuk mencoba sebuah mobil keren, cepat, dan (pastinya) mahal. Setelah Anda mulai merasa nyaman dengan mobil itu, kenyataan pun menghantam dengan keras; mobil itu hanya pinjaman untuk menarik perhatian Anda! Maksud lain dari mobil itu adalah untuk melihat kemampuan Anda dalam memainkan game balapan.
Pengaturan tingkat simulasi game ini ditentukan dari cara Anda mengemudi. Bila Anda terbiasa mengikuti garis balapan dan pengaturan kecepatan ketika memasuki sudut tikungan, Anda akan diberikan pengaturan untuk gamer yang berpengalaman. Namun, bila ternyata Anda adalah pemula dalam balapan simulasi, pengaturan akan diatur untuk memberikan bantuan penuh. Bantuan yang akan Anda temui antara lain Steering Assist, Brake Assist, dan dukungan penuh untuk anti-slip. Game ini juga memberikan kebebasan untuk mengatur sendiri pengaturan tersebut. Pemain yang terbiasa memainkan game simulasi balapan tentunya telah menggunakan controller setir dan ingin permainan mendekati balapan asli. Jenis pemain ini biasanya mematikan semua bantuan, seperti TCS dan ABS.
Nah, setelah mematikan semua bantuan itu, apakah game ini menjadi sangat dekat perilakunya dengan mobil balap asli? Ya, Anda akan menemui pengendalian yang sangat mirip dengan aslinya! Bahkan, Anda harus mengatur kedalaman penekanan gas dan rem, membelokkan setir dengan akurat, menekan Clutch sebelum memindahkan gigi, dan tingkat kerusakan yang diterima mobil akibat tabrakan. Bila Anda mengalami tabrakan yang parah, bukan tidak mungkin roda mobil dapat mendahului Anda ketika balapan berlangsung! Sebagai tambahan, game ini memiliki mode kamera yang dilihat dari dalam helm! Jadi, pandangan dan getaran kamera dipengaruhi dari kondisi jalanan serta tarikan gravitasi ketika belok. Sangat menarik untuk digunakan!





Sifat dari game simulasi tersebut tentunya mengundang faktor lain yang harus Anda perhatikan. Bila Anda memainkan game ini di komputer dan menggunakan keyboard untuk mengendalikan mobil, sudah seharusnya Anda merasa khawatir. Mengapa demikian? Game ini menggunakan pengendalian roda depan yang cukup akurat dan penggunaan tombol keyboard akan sering membuat mobil Anda oleng serta sulit dikendalikan! Jadi, sebelum Anda menghadapi mobil lawan, musuh utama yang Anda hadapi justru adalah mobil sendiri! Masalah ini langsung hilang bila Anda menggunakan controller, seperti XBOX 360 Controller for PC dan setir. Game ini mendukung penuh produk setir yang cukup populer, seperti Logitech (G25, G27, Driving Force, dan Momo Force), Thrust Master (RGT, Ferrari GT, dan Ferrari F430), serta Fanatec Porsche 911 Turbo.


Menjadi yang Terbaik Dimulai dengan Langkah Kecil

Perkembangan karier pembalap yang Anda mainkan ditandai dengan peningkatan level. Layaknya sebuah Role Playing Game, Anda akan mendapatkan nilai pengalaman setiap kali melakukan balapan. Poin pengalaman tersebut tidak hanya didapat dari menyelesaikan balapan saja. Beberapa kondisi di dalam balapan juga memberikan tambahan poin yang cukup besar untuk mempercepat kenaikan level Anda. Apa saja kondisi yang menguntungkan tersebut? Sebenarnya, Anda cukup melaksanakan balapan dengan profesional saja. Misalnya, sebisa mungkin menjalankan balapan yang bersih, mengalahkan waktu rekor lap, dan berada di posisi satu selama satu lap penuh. Walaupun Anda bebas balapan dengan cara apa pun, tetapi tidak menabrak lawan dan tidak membiarkan mobil Anda lecet akan memberi Anda bonus!
Lalu, apa kegunaan dari level tersebut? Pertama, Anda dapat memasuki balapan dengan kelas yang tinggi bila level pembalapnya memadai. Balapan tersebut selain memberikan uang yang lebih banyak juga memiliki hadiah poin pengalaman lebih tinggi. Selain itu, tujuan Anda di game ini adalah menjadi juara di GT1 dan Anda harus memiliki level yang tinggi untuk bisa mengikuti balapan tersebut. Kenaikan level juga memberikan bonus lain untuk Anda, seperti uang yang cukup besar, jenis cat baru, vinyl, rim, dan mobil baru yang lebih cepat. Kemampuan mengemudi saja tidak akan berarti tanpa dukungan mobil yang memadai ‘kan?
Masih berhubungan dengan mobil; Anda juga harus mengembangkan kemampuan mobil dengan cara membeli berbagai upgrade. Gunakan uang yang Anda dapatkan dari balapan untuk meningkatkan berbagai aspek mobil yang digunakan, seperti engine, drive train, force induction, suspension, dan nitro. Namun, ada satu hal yang perlu Anda waspadai. Upgrade tersebut akan meningkatkan kelas mobil, misalnya dari D menjadi C dan seterusnya. Mobil yang kelasnya telah melebihi batasan sebuah balapan tidak dapat digunakan lagi di event tersebut. Jadi, Anda tidak dapat menggunakan mobil dengan kelas A pada balapan kelas C. Untungnya, Anda dapat menjual part yang telah dipasang di mobil supaya kelasnya sesuai.
Mobil yang telah Anda upgrade akan mendapatkan kesempatan untuk diubah total. Perubahan yang diberi nama Works Conversion akan membuat mobil apa pun menjadi mobil balap sejati. Bagaimana caranya? Cukup upgrade mobil itu hingga indikator conversion penuh. Perubahan ini selain mengubah bentuk mobil menjadi sangat keren juga memberikan penambahan statistik yang tinggi dalam kemampuannya. Anda juga dapat melakukan tuning mobil untuk mengatur segala aspeknya dengan bebas. Setelah isinya mantap, Anda tinggal memoles bagian luarnya dengan mengganti cat, menambahkan berbagai vinyl, dan memasang rim roda yang terlihat mahal! Setelah itu, Anda tidak akan malu lagi ketika balapan melawan pemain lain melalui Autolog.
Autolog merupakan layanan online khusus NFS yang dibuat Electronic Arts untuk mempertemukan pemain NFS dari seluruh belahan dunia. Di layanan ini, Anda dapat mengadu kemampuan balapan dengan pemain lain, bersaing waktu tercepat, dan menyelenggarakan event balapan. Selain itu, waktu yang Anda cetak ketika memainkan mode Career akan terpampang di sebuah pengumuman bernama Speed Wall pada Autolog. Speed Wall ini akan terus berubah dengan update waktu tercepat dari pemain dari seluruh dunia. Bersiaplah untuk terus merasa tertantang mengalahkan waktu pemain lain!
Mode Career memiliki beberapa jenis balapan yang dapat Anda mainkan, seperti Time Attack, Race, Gauntlet, Endurance, dan Drift. Time Attack dan Race tentunya telah sering Anda temui juga di game balapan Lain. Lalu, bagaimana dengan Gauntlet? Mode ini menantang Anda untuk menyelesaikan sebuah track dengan menggunakan mobil tertentu. Biasanya, mobil tersebut akan menjadi milik Anda bila balapan tersebut berhasil diselesaikan! Bayangkan berapa banyak uang yang bisa disimpan bila Anda bisa mendapatkan mobil baru dengan gratis!
Mode Endurance merupakan tantangan ketahanan mengemudi yang akan sangat menguras waktu Anda. Jadi, siapkan waktu yang banyak, makanan, dan minuman yang juga banyak untuk memainkan mode ini. Terakhir, mode Drift meminta Anda untuk mengumpulkan nilai dengan membuat selip mobil (Drift). Mode ini sebenarnya agak tidak klop dengan tema simulasi yang dibawa Shift 2. Selain itu, mode ini termasuk sulit dilakukan setelah terbiasa bermain simulasi yang diatur ketat dengan aturan dan garis balapan.
Setelah Anda mengetahui semua feature yang ditawarkan game ini, tinggal satu pertanyaan yang tersisa. Apakah game ini nyaman untuk dimainkan? Bila Anda menyukai game simulasi, jawabannya adalah ya. Apakah lebih baik dari Shift pertama? Ya, jauh lebih baik! Sebagai tambahan, tingkat kesulitan lawan di game ini tergolong cukup tinggi. Menurunkan tingkat kesulitan pun tidak memperlihatkan pengaruh yang besar pada tingkat kesulitan ini. Namun, gamer penggemar balapan memang pada dasarnya suka tantangan ‘kan?

Kesimpulan

NFS Shift 2 menawarkan feature yang menarik dalam bentuk perkembangan melalui kenaikan level, upgrade mobil, tuning yang lengkap, dan bermain online melalui Autolog. Tingkat kesulitan yang dapat diatur serta kedalaman simulasi yang dapat disesuaikan dengan kemampuan pemainnya membuat game ini bisa dimainkan pemain simulasi pemula dan veteran.
(Sumber : David novan Jagad review)

Spesifikasi Komputer:

Windows XP SP3, Vista SP2, dan Windows 7
CPU: Intel Core 2 Duo 2.0 GHz dan AMD X2 64 2.4 GHz
RAM: 2 GB
Video: 512 MB video card dengan Shader Model 3.0, seperti NVIDIA GeForce seri 8 dan ATI Radeon HD 3400 series
HDD: 7 GB

Info:

Publisher: Electronic Arts
Developer: Slightly Mad Studios
Genre: Racing Simulation
Rating: Semua Umur (EVERYONE 10+)

No comments:

Post a Comment