Wednesday, 30 March 2011

Dragon Age II

Developer: BioWare Corporation
Publisher: Electronic Arts Inc.
Similar Games: Two worlds II
Genre: Role-Playing
Media: 2 DVD

Jangan bilang diri Anda Hardcore RPG gamer bila tidak mengenal game bernama Dragon Age! Game yang dirilis oleh Bioware, perusahaan pengembang game terkenal, ini telah mendapatkan berbagai penghargaan sebagai salah satu game RPG terbaik sepanjang masa! Wajar saja, semua aspek permainan dalam game ini tersusun dengan begitu baik, mulai dari ceritanya yang menarik hingga permainannya yang sangat berkesan. Oleh karena itu, wajar bila semua gamer RPG yang telah memainkan game pertamanya menunggu dengan tidak sabar sekuel dari game tersebut, Dragon Age 2
Sebelum kami memaparkan lebih dalam mengenai permainan yang akan ditemui dalam game ini, ada baiknya Anda mengetahui mengenai kualitas ceritanya. Cerita merupakan salah satu keunggulan yang ada dalam game role playing buatan Bioware! Hampir semua game besutan perusahaan pengembang ini memiliki cerita kelas atas yang tidak kalah dengan film Holywood peraih Oscar! Nah, bila Anda pernah memainkan game pertamanya, Anda pasti akan lebih familiar dengan latar belakang dunia game ini. Namun, tokoh utama yang akan Anda ikuti perjalanannya tidak sama dengan yang pertama. Anda akan mengikuti jejak berdarah seseorang dalam legenda Dragon Age yang disebut “The Champion”!
Tokoh utama dalam game ini bernama Hawke. Ciri khas yang dibawa turun temurun oleh semua game RPG Bioware tetap ada game ini, yaitu pembuatan karakter utama! Jadi, Anda dapat menentukan segala hal yang berhubungan dengan Hawke, seperti bentuk muka, jenis kelamin, warna rambut, dan kelas karakternya. Pembentukan wajah yang detail juga dapat ditemukan pada bagian ini. Sehingga, Anda dapat membuat tampilan karakter Anda dengan kreatif!
Pemilihan kelas terbagi menjadi tiga jenis, yaitu Mage, Warrior, dan Rogue. Pada pemilihan kelas ini, Anda juga akan menentukan jenis kelamin karakter yang akan dimainkan. Setiap kelas tersebut nantinya akan memiliki peran yang besar dalam menentukan bentuk permainan yang Anda gunakan. Oleh karena itu, untuk lebih memudahkan pemilihan kelas yang sesuai dengan gaya bermain Anda, kami akan menjelaskan setiap kelas yang ada.
Pertama, kami akan menjelaskan mengenai kelas Warrior. Kelas ini merupakan petarung garis depan yang menahan laju musuh dan melindungi karakter garis belakang yang lebih lemah pertahanannya. Pada dasarnya, Anda dapat menemukan dua jenis gaya bermain pada kelas ini. Bila Anda menggunakan pedang satu tangan dan perisai, Anda akan menjadi pelindung utama dari tim yang biasa disebut “party” dalam dunia RPG. Skill yang dimiliki Warrior jenis ini memang sangat mendukung peran tersebut, seperti kemampuan untuk memanggil musuh untuk menyerang Anda, meningkatkan pertahanan, melumpuhkan serangan musuh, dan menghentikan pergerakannya. Selain itu, Warrior juga dapat diubah menjadi penyerang dengan menggunakan senjata dua tangan. Setiap serangan dari senjata ini akan mengenai banyak musuh sekaligus!

Kelas kedua adalah Mage. Kelas ini tidak memiliki pertahanan sebaik Warrior dan sebaiknya dijauhkan dari serangan musuh. Namun, serangan Mage sangat dahsyat dan sangat berguna untuk membunuh beberapa musuh sekaligus! Hal ini terjadi karena Mage memiliki banyak kemampuan tempur yang sifatnya serangan area. Kemampuannya yang sangat high profile ini membuatnya mampu menarik perhatian musuh untuk menyerangnya. Untungnya, Mage dilengkapi dengan skill untuk menghilangkan ancaman (Threat) dari dirinya ke rekan party lain yang memiliki pertahanan tinggi. Selain itu, Mage juga akan berperan lebih baik jika dilindungi Warrior dengan pertahanan tinggi dan kemampuan untuk memanggil musuh. Mage dapat Anda bangun menjadi tipe penyerang yang dahsyat atau tipe pendukung dengan kemampuan penyembuhan dan pertahanan untuk party (buff).
Kelas terakhir adalah Rogue. Karakter dengan kelas ini sangat berbahaya ketika berhadapan satu lawan satu dengan musuhnya. Kemampuannya sebagian besar berguna untuk menyerang dan melumpuhkan musuh dari posisi belakang (flank). Jadi, ketika musuh ditarik perhatiannya ke Warrior, Rogue akan mencari musuh dengan tingkat kesehatan (health) tertinggi dan menyerangnya dengan skill pembunuh yang dahsyat. Sementara, musuh dengan tingkat health kecil dihabisi skill area milik Mage. Rogue dapat dibagi menjadi dua jenis berdasarkan bentuk serangannya, yaitu penyerang garis depan dengan menggunakan dua pisau dan penyerang jarak jauh yang bermodalkan panah. Apapun jenis serangan yang Anda pilih, keduanya sangat mematikan untuk musuh yang diserangnya

Nah, kembali ke cerita, waktu yang digunakan game ini terbagi menjadi dua. Pertama, cerita ketika Prolog berjalan bersamaan waktunya dengan game pertamanya, yaitu ketika pertempuran (dan pengkhianatan) di Ostagar. Hawke dan saudara lelakinya merupakan salah satu tentara yang ikut serta dalam pertempuran tersebut. Mereka berhasil melarikan diri ketika pasukan King Cailan dibantai di Ostagar dan segera pulang ke kampung halamannya di Lothering. Karena Lothering berada di jalur kehancuran Darkspawn, musuh utama yang dihadapi dalam game ini, maka Hawke mengungsikan keluarganya keluar dari Lothering. Prolog dalam game ini menceritakan perjuangan mereka ketika melarikan diri dari kejaran Darkspawn dan mengungsi ke kota Kirkwall. Begitu juga pertemuan mereka dengan karakter lain yang mengubah hidup mereka selamanya, seperti Aveline dan Flemeth!
Setelah Hawke dan keluarganya berhasil memasuki Kirkwall, perjalanan mereka baru dimulai. Anda akan mengikuti kisah keluarga Hawke selama 10 tahun berada di Kirkwall. Mulai dari perjuangan mereka untuk menghindari kejaran Templar, membangun kembali kejayaan keluarganya di Kirkwall, hingga menjadi tokoh yang disebut sebagai “The Champion.”  Berbagai pilihan dialog dan moral yang menjadi keunggulan seri RPG buatan Bioware juga dapat Anda temui di sini. Bahkan, pilihan Anda akan menentukan jalan cerita dan ending yang Anda dapatkan nantinya!

Seperti apa pertempuran yang akan Anda temui dalam game ini? Bagaimana bila dibandingkan dengan game pertamanya? Bila Anda tanya pendapat kami, jawabannya tentu jauh lebih menarik, lebih seru, dan harus diakui lebih kejam dari game pertamanya! Pada game ini, Anda akan menemukan lebih banyak darah dan pecahan tubuh yang beterbangan! Kualitas tampilan sangat jelas sekali menjadi perhatian yang besar dalam game ini. Gerakan setiap karakter ketika menyerang musuh menjadi lebih enak untuk ditonton. Karena, setiap serangan dirangkai menjadi combo yang mirip seperti game action. Walaupun Anda tidak dapat mengatur bentuk serangan yang dikeluarkan seperti pada game action, tetapi hal ini sangat menghibur dan menarik untuk dilihat dari dekat.
Nuansa action yang kental tersebut tentunya tidak mengubah dasar dari game ini, yaitu game role playing yang memerlukan strategi ketika menyerang musuh. Anda masih dapat menemukan sistem pause untuk menghentikan pertarungan dan menentukan tindakan yang digunakan setiap karakter dalam party. Jadi, Anda dapat menghadapi setiap pertarungan dengan tenang dan memiliki banyak waktu untuk memilih taktik yang tepat. Bagaimana bila Anda memilih tidak menggunakan sistem pause dan menerjang musuh seperti game action RPG? Kalau begitu sebaiknya Anda menggunakan bantuan menu Tactic yang dapat digunakan untuk mengatur serangan party sesuai dengan berbagai kondisi yang telah ditentukan sebelumnya. Namun, cara ini hanya dapat berlaku pada tingkat kesulitan normal saja. Tidak menggunakan pause pada tingkat kesulitan tertinggi akan sulit sekali!
Menu Tactic merupakan jembatan terbaik untuk mengurangi pengaturan yang harus diambil ketika bertarung dengan musuh. Setiap karakter pada party dapat Anda atur aksinya sesuai dengan kondisi yang ditemuinya. Bila Anda tidak mau repot, terdapat beberapa set taktik yang secara otomatis diisi sesuai dengan role yang Anda inginkan, seperti pemberi support dan pemberi damage untuk Mage. Namun, gamer yang lebih kritis akan membuat sendiri daftar taktik yang sesuai dengan gaya bermainnya. Misalnya, kami sering menggunakan taktik taunt, nuker, dan assassin. Pertama, kami mengatur Warrior dengan pertahanan tinggi untuk menarik musuh dengan taunt, Mage melempar sihir area untuk membunuh musuh dengan health kecil yang berkumpul di sekitar Warrior, dan Rogue menghabisi musuh dengan health besar yang tersisa. Masih banyak lagi pengaturan lain yang kami gunakan, seperti menggunakan Mind Blast untuk mengalihkan Threat dari Mage ketika dia diserang dua musuh atau lebih dan menggunakan dispell magic ketika musuh memberikan buff ke musuh lain.
Setelah Anda mengetahui mengenai kegunaan taktik yang sangat berguna untuk mengatur jalannya pertempuran, sekarang saatnya kami beralih ke skill tree. Pohon skill yang dapat ditemukan dalam game ini memiliki perbedaan bila dibandingkan dengan game pertamanya. Pada dasarnya, setiap karakter memiliki enam jenis skill tree yang menentukan bentuk karakter yang Anda bangun. Bila Anda membangun Warrior yang peran utamanya sebagai pelindung (tanker), maka sebaiknya menggunakan skill tree yang mendukung pertahanan dengan maksimum. Biarkan karakter lain yang menggunakan skill menyerang dengan maksimum pula. Skill tree yang terpisah menjadi enam jenis itu juga memberi Anda kebebasan untuk menentukan karakter yang akan Anda bangun sesuai dengan gaya bermain!
Setelah Anda mencapai level 7 dan 14, karakter utama akan mendapatkan poin yang bernama Specialization Point. Poin ini memberi karakter kemungkinan untuk memilih salah satu dari tiga kelas lanjutan yang sesuai dengan kelas dasarnya. Misalnya, pada Rogue Anda dapat menemukan kelas Shadow, Assassin, dan Duelist. Kelas Shadow mengutamakan serangan tersembunyi, Assassin untuk pemain yang menyukai serangan kritikal, dan Duelist untuk menarik musuh yang kuat dalam pertarungan satu lawan satu. Kelas tambahan itu sebaiknya disesuaikan dengan karakter yang Anda bangun untuk memaksimalkan kemampuannya. Anda dapat memilih hingga dua kelas tambahan yang membuat karakter yang Anda mainkan semakin ampuh ketika melawan musuh. Karakter lain dalam party juga akan mendapatkan kelas tambahan yang sesuai dengan latar belakangnya.
Kelas tambahan untuk karakter dalam party hanya terjadi sekali pada level 7. Kemampuan yang dapat Anda temukan dalam kelas ini harus diakui sangat berguna dan semakin memperkuat karakteristik pertarungannya. Misalnya, Aveline yang memang dirancang sebagai tanker akan mendapatkan kemampuan untuk lebih meningkatkan pertahanannya setiap kali mendapatkan serangan musuh! Sedangkan Varric yang mengutamakan serangan panahnya akan mendapatkan skill serangan yang bisa langsung membunuh musuh yang kuat!
Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan skill passive (skill yang memengaruhi statistik karakter) yang unik dari tiap karakter, tergantung dari tingkat pertemanan Anda. Setiap dialog yang Anda temui dapat mengubah pertemanan antara Friend dan Rival. Bila Anda memilih dialog yang sesuai dengan sifat karakter tersebut ketika ia ikut serta dalam party, maka tingkat Friendship-nya akan bertambah. Kebalikannya, bila ia tidak suka dengan pilihan Anda, Rivalry akan bertambah. Keduanya ketika mencapai tingkat tertinggi akan membuka skill passive tersebut dan juga dapat mengubah jalannya cerita.
Feature lain yang sangat berguna dalam pertempuran adalah sebuah sistem bernama Cross-class Combo. Combo ini dapat memberikan damage yang sangat besar terhadap musuh yang Anda hadapi! Untuk melancarkan serangan ini, Anda harus memiliki skill yang telah di-upgrade terlebih dahulu. Upgrade skill dapat dilakukan ketika Anda mencapai level tertentu dan biasanya meningkatkan skill yang telah Anda miliki secara signifikan. Pertama, musuh harus diberikan serangan yang memberikan kondisi tertentu, yang terbagi menjadi Staggered, Brittle, dan Disoriented. Kemudian, musuh diserang dengan skill yang telah di-upgrade untuk memberikan efek dahsyat ketika digunakan terhadap musuh yang terkena kondisi tersebut.
Contoh dari serangan Cross-class Combo adalah perpaduan antara serangan Mage dengan Rogue. Pertama, musuh diserang dengan menggunakan serangan es bernama Winter’s Blast. Skill ini adalah upgrade dari Winter’s Grasp yang berakibat membekukan musuh dengan kemungkinan 100% dan memberikan efek Brittle sebesar 40% terhadap musuh yang beku. Ketika terkena efek Brittle, Anda dapat melihat dengan jelas musuh yang terkena dengan munculnya simbol di musuh tersebut. Kemudian, gunakan serangan Shattering Arrow milik Rogue yang merupakan upgrade dari skill Bursting Arrow. Hasilnya? Serangan tersebut akan memberikan damage sebesar 600% dari serangan biasa! Selain itu, dia juga memberikan damage tambahan sebesar 400% bila Anda menggunakan efek elemental pada senjata Anda!

 

Steel Yourself!

Sebagaimana layaknya sebuah game RPG, Anda dapat memperkuat karakter Anda dengan berbagai perlengkapan perang. Karakter utama yang Anda mainkan dapat dilengkapi dengan berbagai jenis armor yang digunakan di beberapa bagian tubuh, senjata yang digunakannya, dan aksesori untuk meningkatkan statistiknya. Walaupun jenis armornya sama, Anda dapat menemukan beragam statistik tambahan yang berbeda bila bahan baku armornya berbeda. Untuk lebih mudahnya, perlengkapan dibagi menjadi beberapa jenis yang digolongkan dengan kode warna, yaitu Bronze, Silver, dan Gold. Bronze adalah tingkat terendah dan mutunya akan semakin bagus di Gold. Apakah ada perlengkapan di atas Gold? Silahkan Anda temukan sendiri!
Lalu, bagaimana dengan perlengkapan karakter lain di party? Ternyata, game ini menggunakan pendekatan yang berbeda dari game sebelumnya. Kini, setiap karakter selain Hawke memiliki perlengkapan armor yang tidak dapat diganti! Perlengkapan tersebut akan berkembang sesuai level pemiliknyanya dan Anda juga dapat meng-upgrade-nya dengan benda unik yang biasanya berharga mahal. Perlengkapan yang dapat Anda ganti biasanya terbatas pada senjata dan aksesori saja. Namun, Varric memiliki senjata spesial yang diberi nama Bianca. Senjata ini dapat berkembang menjadi lebih (dan sangat) kuat seiring peningkatan level Varric.
 Gunakan berbagai efek serangan untuk melumpuhkan gerakan musuh yang kuat!

Keterbatasan kustomisasi perlengkapan karakter selain Hawke tentunya menimbulkan reaksi yang berbeda untuk gamer yang memainkan game ini. Pada satu sisi Anda tidak perlu memikirkan uang yang harus dikeluarkan untuk memperkuat armor party. Sedangkan, pada sisi lain hal ini memberikan batasan yang tidak disukai beberapa gamer RPG. Hal ini sebaiknya Anda tentukan sendiri setelah memainkan game ini!
Metode lain untuk memperkuat karakter selain melalui perlengkapannya adalah dengan menggunakan Crafting. Berbeda dengan game pertama yang memberikan pemain kebebasan untuk Crafting di manapun ketika memiliki skillnya, pada game ini Anda hanya bisa melakukannya di toko tertentu. Pertama, Anda tentunya harus menemukan (atau membeli) resep untuk membuat benda yang diinginkan. Pada dasarnya, Crafting terbagi menjadi dua jenis, yaitu membuat benda untuk meng-upgrade perlengkapan dan benda yang digunakan dalam pertempuran. Benda untuk meng-upgrade perlengkapan setelah berhasil dibuat harus dipasang melalui bantuan toko lain yang bernama Enchantment. Efek dari enchantment beragam, seperti menambahkan serangan api pada senjata dan memperkuat pertahanan elemental pada armor. Benda yang digunakan pada pertempuran mencakup Health Poultice untuk menyembuhkan health dan Stamina Poultice untuk menyembuhkan stamina yang merupakan bahan bakar skill para petarung.
Untuk membuat benda crafting tersebut, Anda membutuhkan bahan dasar dan uang yang banyak. Berbeda dengan game pertama, bahan dasar yang Anda temukan akan terus dapat digunakan untuk pembuatan benda lain. Misalnya, Anda telah menemukan sumber Elfroot untuk membuat Health Poultice. Poultice tersebut membutuhkan satu sumber Elfroot saja untuk membuatnya. Jadi, Anda hanya perlu menemukan sumber bahan dasar saja untuk membuat crafting. Sumber tersebut tidak akan habis. Namun, resep benda yang lebih kuat akan meminta lebih banyak sumber untuk dibuat, seperti meminta dua sumber Elfroot dan Deep Musroom. Jangan lupa, Anda juga harus menyiapkan uang dalam jumlah yang banyak.
Kesan pertama yang kami dapatkan ketika memainkan game ini? Sangat seru dan indah! Setiap pertempuran menjadi ajang penuh darah yang dihiasi beragam efek ledakan, combo, dan pecahan tubuh musuh! Setiap tampilan yang kami temui didesain dengan indah dan detail, sehingga selalu dapat menghibur perjalanan kami dalam menentukan nasib Hawke. Beberapa perubahan yang kami temui dibandingkan game pertamanya memang  mulanya cukup membingungkan, terutama pada bagian perubahan statistik. Tingkat defense yang dulu ditentukan nilai Dexterity berubah ke Cunning. Begitu pula dengan kemampuan Rogue untuk melihat trap dan membuka kunci yang ditentukan dari setiap 10 nilai Cunning. Sekarang, Cunning mengambil peranan sangat penting dalam kehidupan Rogue!
Perubahan pohon skill menurut kami merupakan hal yang sangat menyenangkan. Kini, kami dapat lebih kreatif dalam membangun karakter yang sesuai dengan gaya bermain. Penambahan simbol pada pilihan dialog juga membuat pemilihannya menjadi lebih mudah. Bila kami ingin membangun karakter yang baik hati, cukup pilih opsi dialog dengan simbol biru. Sedangkan untuk karakter yang tegas dan keras, cukup pilih simbol merah! Walaupun terus terang bantuan tersebut mungkin tidak begitu disukai para gamer yang memainkan game pertama karena menghilangkan misteri reaksi karakter ketika memilih opsi dialog tersebut.
Setelah kami memainkan semua kelas karakter beserta permutasinya, kami menemukan suatu kejanggalan yang mungkin dapat membuat game ini lebih mudah dimainkan. Ternyata, kelas Rogue adalah yang terkuat dari semua kelas lain! Kelas ini dapat memiliki defense tertinggi, Damage Per Second (kerusakan per detik) tertinggi, dan dapat membunuh musuh terkuat dengan relatif mudah pada tingkat kesulitan tertinggi sekalipun! Walaupun Warrior memiliki skill passive yang membuatnya dapat langsung membunuh musuh dengan tingkat health tertentu, Rogue tetap unggul! Ditambah kemampuannya untuk membuka kunci? Rogue menjadi kelas yang sempurna!
Oh, iya! Sebagai tambahan, kesempatan untuk menjalin hubungan romantis dapat kembali ditemui di game ini! Tidak peduli apapun jenis kelamin karakter yang Anda gunakan, semua karakter dalam game ini bisa Anda dekati demi hubungan romantis! Menarik ‘kan? Untungnya, ketika kami menjalin hubungan romantis dengan karakter Elf wanita bernama Merrill, kami menggunakan Hawke wanita! Bayangkan apa jadinya bila kami menggunakan Hawke Pria dan menjalin hubungan dengan Varric, seorang Dwarf pria yang maskulin. Maaf, kami tidak mau membayangkannya!
Secara keseluruhan, Dragon Age 2 mampu memberikan hiburan dan permainan yang sangat memuaskan untuk kami! Banyak hal yang unggul dari game ini, seperti dari sisi cerita, pertarungan, kustomisasi karakter, Cross-class Combo, tampilan, dan karakter yang menarik. Bila Anda pernah memainkan game pertamanya, Dragon Age 2 tidak boleh dilewatkan! Apalagi Anda dapat menggunakan file save dari game pertamanya untuk mengubah dunia Dragon Age 2 sesuai dengan pilihan yang pernah Anda buat! Sangat menarik!
(sumber : David novan jagatreview.com)


Minimum Requirement:
Windows XP SP3/Vista SP2/7
Core 2 Duo 1.8 GHz / AMD Athlon 64 X2 1.8 GHz
1 GB RAM (1.5 GB for Vista/7)
7 GB hard disk space
256 MB Video Card (ATI Radeon HD2600 or NVidia GeForce 7900)

No comments:

Post a Comment