Monday, 18 October 2010

Pro Evolution Soccer 2011

New Game September 2010 "Game keren versi Mr spy"

Developer: Konami
Publisher: Konami
Similar Games: FIFA 11
Genre: Soccer Sim
Media: 2 DVD

Apakah Anda sadar apa yang dimainkan para gamer di hampir semua rental console di nusantara tercinta ini? Pro Evolution Soccer! Popularitas game ini begitu luas, hingga game lain yang bertemakan olahraga seakan tertelan olehnya. Bila dilihat dari feature yang dibawanya, peningkatan feature yang ditemukan dalam game ini dibandingkan game sebelumnya begitu signifikan. Pergerakan yang lebih luwes, adanya indikator tendangan passing yang memungkinkan keakuratan yang sangat tinggi, hingga kustomisasi seragam hanya sebagian kecil yang menjadi kelebihan game ini. Bila Anda memang penggemar game olahraga, kami yakin Anda pasti memainkan game ini, bukan?

Siapa yang tidak mengenal Pro Evolution Soccer? Game sepakbola yang dikembangkan oleh Konami ini memang cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia. Sejak kemunculan versi Jepangnya, Winning Eleven, di Playstation generasi pertama, game ini langsung merebut hati para gamer pencinta game olahraga di kala itu.
Seiring dengan perkembangan konsol dan penambahan feature dan kualitas yang mampu dihadirkan di dalamnya, game Pro Evolution Soccer ini juga sendiri mulai mengalami perubahan. Tidak hanya dari sisi animasi gerakan dan kualitas grafis yang lebih mendetail, sistem permainannya sendiri juga terus mengalami perkembangan.
Apa yang membuat Pro Evolution Soccer begitu dicintai dibandingkan seri game sepakbola lainnya, katakanlah FIFA buatan EA misalnya? Saya sendiri sebagai orang yang cukup mengikuti perkembangan game ini dari awal merasa bahwa sisi kontrol yang mudah dan responsif menjadi salah satu senjata andalan game ini merebut hati para gamer.
Salah satu keunggulan yang lain adalah kemudahan untuk melakukan modifikasi pemain, transfer, dan sebagainya. Maka tidak mengherankan jika Anda melihat Pro Evolution Soccer versi bajakan modifikasi Indonesia yang sudah tidak terhitung jumlahnya. Hal ini membuat pemain yang tidak memiliki konsol terkini masih tetap memainkan game ini dengan update pemain – klub – bahkan kostum terbaru dengan modifikasi di game yang lama.
Ketika Pro Evolution Soccer 2011, seri terbaru PES ini diluncurkan, saya sebenarnya cukup skeptis dan tidak terlalu bersemangat untuk memainkannya. Mengapa? Karena boleh dikatakan bahwa seri-seri Pro Evolution Soccer sebelumnya, katakanlah PES 2008 – 2009 – dan 2010 sebenarnya tidak memiliki perbedaan yang signifikan. Anda akan menemukan sistem permainan yang masih sama, dengan gerakan teknik dan gaya bermain yang hampir sama. Mungkin perubahan hanya terjadi secara visual – animasi gerakan, animasi baju dan bahan, detail pemain, lisensi, dan hal lainnya.
Tetapi dari segi permainannya sendiri, PES sendiri sudah seperti kehilangan taringnya, tidak mampu menghadirkan sebuah inovasi yang baru, sebuah inovasi yang membuat para gamer bersemangat kembali untuk memainkannya seperti dulu PES muncul pertama kali. Dalam pergelutan diri ini, saya akhirnya memutuskan untuk memainkan game ini, mencoba memberikannya kesempatan, berusaha melihat apakah game PES kali ini memberikan sesuatu yang berbeda.
Dan betapa terkejutnya saya karena Pro Evolution Soccer 2011 ini bukanlah sebuah PES yang selama ini saya mainkan hingga bosan. Ini bukan hanyalah sekadar sebuah PES dengan animasi yang lebih baik – atau gerakan yang lebih halus. Ini adalah PES yang baru, PES yang akan membuat perasaan bermain pertama kali yang dulu pernah dialami muncul kembali.

Perbedaan Menu Game Plan


Hampir tidak mungkin jika memainkan game seperti PES tanpa melakukan setting pemain dan formasi tim kesayangan kita terlebih dahulu. Mengatur formasi atau sekedar menukar posisi pemain dan subsitusi menjadi elemen yang sangat penting untuk menentukan jalannya pertandingan, atau bahkan menang dan kalah. Jika kita menemukan menu Game Plan pada seri PES sebelumnya tampak kaku dengan menu yang hanya bisa diakses dengan tombol d-pad atas dan bawah, dengan posisi menu dan komparasi yang cukup membuat kita tidak nyaman melakukannya, PES 2011 hadir dengan sesuatu yang jauh berbeda.

Menu Game Plan mengalami perombakan secara besar-besaran. Menu menjadi seperti tidak memiliki sekat, dan keseluruhan menu dapat diakses dengan gerakan-gerakan yang sangat sederhana. Seperti halnya mouse dalam komputer, Anda sekarang hanya tinggal menggerakkan kursor dan memilih pemain yang Anda inginkan, kemudian tinggal menggesernya untuk sekedar menukar posisi permainan atau menggerakkannya keluar ke arah pemain-pemain subsitusi untuk menggantinya dengan pemain lain.
Elemen pergantian posisi dan fungsi pemain juga sangat dipermudah dan kali ini memberikan efek yang berbeda dan signifikan bagi para pemain. Jika Anda memilih posisi yang dirasakan pemain cukup nyaman, maka hal tersebut akan memberikan peningkatan performa yang cukup menjanjikan. Sebaliknya, jika Anda memberikan posisi yang tidak sesuai dengan dirinya, maka performanya akan turun. Hal tersebut tampak pada angka yang tertera pada setiap posisi yang dipilih dari tiap pemain.

Game Plan yang lain juga mengalami peningkatan kompleksitas details yang lebih. Seperti misalnya Team Strategy (Team Style) yang memberikan opsi gaya permainan dan strategi yang lebih luas dan bebas bagi para pemain dibandingkan seri PES sebelumnya.

Perbedaan Gameplay


Jika Anda seorang penggemar permainan ini sejak dulu, maka Anda akan langsung memahami apa yang coba saya sampaikan. PES 2011 bukanlah PES yang biasa, bukanlah PES yang selama ini kita mainkan, ini adalah PES yang sama sekali baru. Saya sendiri menemukan cukup banyak perbedaan PES 2011 ini dengan PES sebelumnya, dan terlihat cukup signifikan serta tentu saja mengubah cara para gamer memainkan game ini. Salah satu perbedaan yang cukup terlihat di awal permainan adalah, sistem kick-off yang berbeda.
Kali ini kick-off akan dilakukan otomatis oleh komputer tanpa menunggu command input dari Anda. Anda tidak bisa lagi mengulur-ngulur waktu seperti halnya dulu ketika Anda bermain PES yang sebelumnya. Anda juga harus langsung mengarahkan bola kick off setelah tendangan dilakukan, karena ajaibnya Anda bisa saja langsung kehilangan bola karena salah mengarahkan bola kick-off.
Pada saat permainan berlangsung, Anda akan melihat animasi gerakan pemain yang lebih halus dan natural dibandingkan versi sebelumnya. Detail juga tampak lebih baik, dengan animasi bahan pakaian yang lebih jelas terlihat. Dan ketika saya melakukan passing untuk pertama kali, betapa terkejutnya saya karena sebuah sistem permainan baru tampaknya dimasukkan ke dalam PES 2011 ini.

Ketika saya melakukan passing, saya melihat ada bar kekuatan yang muncul di bawah kaki pemain. Bar kekuatan yang mungkin dulu hanya kita temukan ketika melakukan shoot atau umpan lambung pada PES sebelumnya. Kini bar kekuatan itu muncul untuk hampir semua aksi tendangan yang dilakukan oleh pemain, termasuk short pass ini. Sebuah sistem baru yang akan membuat permainan jadi lebih menarik.

Penekanan arah tendangan juga memainkan posisi yang sangat penting. Jika pada PES sebelumnya, Anda cukup menekan tombol pass, dan bola akan meluncur ke pemain tim Anda yang terdekat secara otomatis, tidak pada PES 2011 ini. Menekan tombol aksi tendangan juga berarti harus menekan tombol arah kemana bola tersebut akan diarahkan. Jika Anda tidak mengarahkannya, maka bola akan bergerak tegak lurus ke arah sesuai tubuh pemain mengarah. Jadi yang harus Anda lakukan sekarang untuk memastikan bola tiba tepat di kaki pemain yang Anda tuju : Ukur bar kekuatan dan arahkan!
Bar kekuatan ini juga tidak hanya berlaku bagi short pass saja, tetapi hampir pada semua tombol aksi tendangan, termasuk tombol breakthrough pass atau one-two pass, semuanya membutuhkan bar kekuatan sekarang. Mungkin pada awal permainan, Anda akan merasa bahwa feature terbaru ini akan membuat Anda tidak nyaman dan mengharapkan sistem permainan PES sebelumnya, tetapi semakin lama Anda mencoba – semakin Anda akan jatuh cinta kepadanya. Bar kekuatan ini benar-benar memberikan Anda kesempatan untuk menjelajahi berbagai alternatif serangan yang bisa Anda pikirkan.
Mungkin dulu, Anda sering merasa kesal ketika breakthrough pass Anda dihalangi atau direbut oleh pemain lawan walaupun posisi pemain Anda benar-benar sedang bagus, dan kemudian Anda menyalahkan kemampuan AI untuk mengatur kekuatan tendangan, tetapi dengan sistem terbaru PES 2011 ini, semua kendali ada di tangan Anda. Anda memiliki kesempatan untuk memutuskan sendiri seberapa kuat Anda akan melakukan tendangan breakthrough pass.
Anda bisa sekaligus mengatur dan merencanakan apakah dengan kekuatan seperti itu , tendangan Anda akan menembus pertahanan lawan ataukah pemain Anda yang dituju akan dapat mengejarnya. Semua strategi itu dapat ditentukan langsung dari tangan Anda sendiri.
Hal berbeda yang juga saya rasakan pada saat melakukan serangan dan melancarkan tendangan langsung ke arah gawang. Jika pada PES sebelumnya, yang Anda perlu lakukan hanyalah mengatur tenaga kira-kira setengah dari bar kekuatan untuk memastikan sebuah tendangan yang kuat dan biasanya secara otomatis terarah ke gawang, kali ini di PES 2011 Anda tidak akan menemukan keistimewaan seperti itu lagi.
Tendangan kuat yang terarah ke arah gawang menjadi lebih sulit untuk dilakukan. Tidak ada lagi “rumus” tendangan kuat PES sebelumnya. Anda akan merasa jauh lebih sulit untuk mengatur bar kekuatan tendangan di seri PES 2011 ini, dan seringkali tendangan Anda justru berakhir melebar atau bahkan melambung tinggi di atas gawang. Arah tendangan juga harus diarahkan dengan tombol arah, dan tidak akan lagi otomatis mengarah ke gawang seperti PES sebelumnya.

Gerakan animasi pemain juga menjadi sangat dinamis. Anda akan menemukan begitu banyak variasi tendangan akrobatik di dalam permainan dengan pemicu gerakan yang lebih sederhana dan mudah dilakukan dibandingkan PES sebelumnya. Pada PES sebelumya, melakukan tendangan akrobatik sangat sulit untuk dilakukan. Sedangkan pada seri ini – dengan kondisi yang tepat dan momen menekan tombol dan arah yang pas – Anda akan lebih mudah memicu gerakan ini.
Berbagai variasi gerakan yang dinamis dan real juga muncul dari kiper dan barisan pemain belakang ketika melakukan tackling atau sliding tackle. Dan tentu saja beberapa gerakan khas pemain yang biasa Anda temukan di layar kaca juga dapat Anda temukan di sini. Selebrasi atau perayaan ketika pemain mencetak gol juga dihadirkan dalam bentuk yang lebih sinematik dan lebih bagus dibandingkan seri PES sebelumnya. Replay permainan atau gol juga mendapatkan perbaikan kualitas sinematik yang sama.

Sayangnya, dari semua feature baru yang ada, PES 2011 ini masih belum dapat menyelesaikan masalah yang selalu dihadapi game sepakbola buatan Konami ini, lisensi. Anda akan menemukan klub-klub sepakbola ternama yang diubah namanya karena masalah lisensi, atau sponsor pada baju pemain yang ditiadakan. Hal ini membuat PES 2011 kehilangan sisi prestige nya.
Salah satu masalah lain yang akan Anda temui adalah bahwa susunan pemain yang ditawarkan pada paket pembelian perdananya masih mengacu pada susunan pemain yang cukup “kadaluarsa” sifatnya. Anda akan menemukan Ibrahimovic masih di Barcelona atau Balotelli masih di Inter Milan. Sebenarnya ada solusi untuk masalah ini pada versi PC. Download patch terbaru untuk memastikan susunan pemain dalam klub sesuai dengan yang terjadi sekarang ini.
Masalah lain yang akan Anda temukan adalah skill-skill pemain yang terlihat sangat tidak sesuai atau mengacu pada pemain asli di dunia nyatanya. Pemain yang cukup cepat di dunia nyata ternyata tampil sebagai pemain yang lambat di PES 2011 ini. Pemain yang skill dribbling di dunia nyatanya cukup mumpuni ternyata tambil mengecewakan di game ini.

Kesimpulan


Walaupun PES kini sudah hadir dalam begitu banyak seri, saya melihat PES 2011 sebagai sebuah gebrakan baru yang membuatnya jauh berbeda dibandingkan PES sebelumnya. Bahkan dapat dikatakan, sebuah pengalaman yang benar-benar baru. Hadirnya sistem bar kekuatan untuk passing membuat permainan jadi jauh lebih aktif, dinamis, bebas untuk dikendalikan dan diatur oleh gamer sendiri. Perbedaan sistem pergantian formasi dan pemain dalam Game Plan juga bisa dikategorikan sebagai sebuah perubahan signifikan yang membawa hasil positif.
Animasi gerakan yang lebih hidup dan bervariasi membuat game ini berkesan real dan sinematik, menghadirkan sebuah pengalaman bermain yang lebih nyata dan dinamis tentunya. Walaupun ada beberapa kekurangan seperti lisensi dan susunan pemain yang kadaluarsa, tetapi hal tersebut dapat diselesaikan dengan melakukan beberapa modifikasi ataupun dengan men-download patch terbaru dengan segera dan tentu saja tidak akan menghilangkan kenyamanan untuk memainkan game ini.
PES 2011 benar-benar menghadirkan sebuah permainan sepakbola Pro Evolution Soccer yang benar-benar berbeda. Sebuah pengalaman baru yang membuat excitement ketika kita pertama kali memainkan seri sepakbola ini muncul kembali. Hanya ada satu kata untuk PES 2011, MUST PLAY!
sumber jagatreview





Minimum Requirement:
Windows XP SP3/Vista SP2
/7
Pentium 4 2.4 GHz

1 GB RAM
8 GB hard disk space

256 MB Video Card (ATI Radeon X1300 or NVidia GeForce 6600)

No comments:

Post a Comment