Sunday, 11 July 2010

Front Mission Evolved

New game September 2010 "Game keren v Mr spy"
Developer: Double Helix
Publisher: Square-Enix / Eidos
Similar Games:Mercenaries
Genre: Sci-Fi Shooter
Media: 2 DVD

Front Mission Evolved – Aksi Robot yang Keren!


Pertempuran robot yang canggih dalam Front Mission memang sangat terkenal di kalangan gamer console. Game yang muncul pada console PlayStation ini merupakan game strategi robot yang sangat keren! Anda menjalankan robot bagai biji catur dan ketika pertarungan antara robot dimulai, layar akan berganti ke cutscene yang mensimulasikan hasil pertempuran! Bagaikan melihat film robot yang canggih! Pada Front Mission Evolved, Square Enix sebagai pihak pembuat game ini mencoba pendekatan yang berbeda. Apakah itu? Baca terus review kami untuk mengetahuinya!
Perbedaan terbesar yang dapat Anda temui pada game ini bila dibandingkan dengan pendahulunya adalah perubahan jenis permainan. Game ini mengubah haluan menjadi sebuah game action third person! Sangat berbeda dengan permainan strategi yang lebih membutuhkan perencanaan dan berpikir. Pada game ini, kelincahan jari Anda untuk menggerakkan robot yang Anda kendalikan menjadi patokan utama. Untungnya, banyak aspek, yang membuat seri Front Mission terlihat keren, masih dipertahankan.
Anda akan mengendalikan sebuah robot besar bernama Wanzer yang dapat Anda kustomisasi sesuka hati. Anda dapat mengganti berbagai bagian tubuh Wanzer, seperti badan, tangan, dan kaki. Tangan Wanzer Anda tidak harus diberi part yang sama pada bagian kanan dan kirinya. Misalnya, Anda dapat memasangkan part tangan kanan untuk meningkatkan akurasi dan part tangan kiri untuk memperbesar pertahanan (armor). Karena seringkali Anda hanya perlu satu tangan saja yang digunakan untuk menembak jarak jauh (memerlukan akurasi untuk membidik dengan baik) dan tangan lain untuk bertempur jarak dekat.


Selain part Wanzer, Anda juga dapat melengkapinya dengan berbagai jenis persenjataan yang mematikan. Jenis senjata yang dapat Anda gunakan bervariasi, mulai dari senjata melee, shotgun, machine gun, rifle, rocket launcher, dan missile launcher. Walaupun sangat menggiurkan untuk menggunakan senjata terkuat, sebaiknya Anda sesuaikan dengan gaya bertempur Anda.
Bila Anda suka bertarung dari jarak dekat, sebaiknya Anda menggunakan shotgun dan melee yang sangat dahsyat kekuatannya dalam jarak dekat. Selain itu, Anda juga harus menyiapkan Wanzer yang mengutamakan kekuatan armor. Lain lagi bila Anda lebih suka menyerang musuh dari jauh. Gunakan rifle yang setiap serangannya sangat mematikan tetapi tidak dapat menembak dengan cepat. Wanzer yang digunakan juga sebaiknya mengutamakan kelincahan untuk menghindar dari musuh yang mendekati Anda.
Bila Anda perhatikan dengan seksama di atas, Anda harus memilih antara dua jenis Wanzer. Pertama adalah yang mengutamakan kekuatan pertahanan (armor) dan kedua adalah yang mengutamakan kecepatan. Setiap part selalu memiliki kelebihan dan kekurangan dalam hal armor, kelincahan, dan akurasi. Jadi, Anda harus memilih salah satunya. Selain itu, part badan juga memiliki persediaan power. Setiap bagian tubuh lain dan senjata akan mengambil power tersebut. Jadi, bila Anda menggunakan badan yang menghasilkan power kecil, Anda tidak dapat menggunakan part dan senjata yang meminta power besar! Padahal biasanya part dan senjata dengan permintaan power besar adalah yang memiliki kekuatan terbesar!

Wanzer dengan bentuk keren akan menemani permainan Anda

Selain kustomisasi Wanzer, Anda juga dapat mengatur skill yang dapat digunakannya. Biasanya, skill tersebut tergantung dari senjata yang Anda gunakan. Jenis skill tersebut juga banyak jenisnya, seperti Piercing Shot yang langsung menghancurkan part Wanzer musuh dan EMP Blast yang membuat musuh terdiam (stun) selama beberapa detik. Skill tersebut memiliki persentasi aktivasi. Jadi, skill tersebut tidak selalu dapat digunakan dalam pertempuran. Skill juga meminta slot yang ada pada senjata. Semakin banyak slot yang terdapat pada senjata, semakin banyak pula skill yang dapat Anda pasangkan pada senjata tersebut.
Kita sudah bicara cukup banyak mengenai kustomisasi Wanzer. Namun, seperti apa bentuk permainan yang akan Anda temui dalam game ini? Seperti yang telah kami jelaskan sebelumnya, game ini merupakan third person action yang membutuhkan banyak kelincahan bergerak dan membidik senjata. Anda akan menjalankan Wanzer melalui kamera di belakangnya. Jadi, Anda masih bisa melihat punggung dari Wanzer Anda yang keren dan menghancurkan musuh yang menyerang Anda dengan mudah.
Anda tidak selalu bertempur di dalam perlindungan Wanzer

Anda dapat menyerang dengan menggunakan senjata di kedua tangan dan kedua bahu Wanzer. Serangan tangan dapat Anda laksanakan dengan tombol mouse kanan dan kiri. Sedangkan untuk senjata bahu yang biasanya berbentuk missile launcher dilancarkan dengan menggunakan tombol Q dan E. Karena kelincahan juga penting untuk menghindari Wanzer Anda dari banyak serangan musuh, Anda dapat menggunakan tombol Shift untuk Skating. Tombol ini adalah penyambung hidup Anda!
Setiap musuh yang Anda hadapi memiliki keahlian tersendiri, yang dapat dilihat dari namanya. Bila ia adalah Brawler, Wanzer ini merupakan ahli dalam serangan jarak dekat. Begitu juga dengan Sniper yang pasti menggunakan Rifle dan Ballistic yang menyerang dengan menggunakan missile. Wanzer juga dapat dihancurkan setiap bagian tubuhnya. Bagian tubuh yang hancur akan memengaruhi performanya. Bila kakinya hancur, kelincahannya akan berkurang drastis. Begitu juga dengan tangannya yang membuat akurasinya berantakan.

Anda dapat menemukan boss musuh dari yang ukurannya biasa...

Bagian tubuh yang mengalami kerusakan dan amunisi senjata dapat diisi ulang dengan mengambil power up yang dapat Anda temukan di dalam permainan. Bentuk dan warnanya begitu terlihat sehingga Anda selalu dapat menemukannya di tengah pertarungan yang sengit sekalipun. Hal ini terutama sangat penting ketika Anda bertarung melawan boss musuh yang sangat kuat.
Satu hal lain yang perlu Anda ketahui mengenai permainannya adalah adanya feature EDGE. Fungsi ini membuat waktu berjalan dengan lambat dan musuh jadi lebih mudah dihindari serangannya. Selain itu, serangan dalam EDGE juga lebih kuat. Untuk menggunakan feature ini, Anda harus mengumpulkannya dengan menyerang musuh. EDGE yang terkumpul sebanyak lebih dari 75 persen akan menjadi lebih kuat efeknya.
Terkadang, pilot Wanzer harus bertempur tanpa menggunakan Wanzer. Permainan pada saat ini tergolong biasa saja. Anda memang dapat berlindung di balik tembok dan barikade. Namun, tidak seserius game action lain yang sekarang mulai menggunakan feature menempel pada perlindungan.

...Hingga yang besarnya tidak masuk akal!

Waktu permainan dalam game ini juga jauh lebih singkat bila dibandingkan dengan game Front Mission sebelumnya. Cerita yang dibawakan pada game ini juga menurun kualitasnya. Intrik politik yang menjadi ciri khas cerita pada Front Mission menghilang dan digantikan dengan kisah asmara biasa. Selain itu, kualitas tampilannya harus diakui tidak begitu bagus. Tekstur tampilan pada game ini tergolong rendah, terutama ketika menampilkan cutscene karakter.
Selain bermain dalam mode campaign, Anda juga dapat menemukan mode multiplayer yang dimainkan melalui Internet. Pada mode ini, Anda akan mengadu Wanzer yang Anda rancang melawan Wanzer lain. Pertarungan antar-Wanzer ini harus diakui sangat seru dan menantang kemampuan Anda dalam menjalankan Wanzer yang Anda bangun.

Kustomisasi Wanzer sesuai dengan gaya bermain Anda

Kesimpulan

Bermain dengan robot merupakan impian hampir semua lelaki ketika kecil. Front Mission Evolved mewujudkannya dengan permainan action yang seru, robot yang keren, senjata yang maut, dan kustomisasi robot yang menarik.
Front Mission Evolved memang cukup seru sebagai game action. Musuh yang kemampuannya cukup menantang dan boss yang termasuk sangat sulit dikalahkan membuat game ini patut untuk dimainkan. Namun, game ini juga memiliki kekurangan. Hal yang patut disayangkan adalah kualitas porting dari console ke PC yang kurang bagus. Hal ini telihat jelas dalam kualitas tampilannya yang tidak tinggi dan bug yang membuat game crash.(sumber : jagatreview)

Minimum Requirement:
Windows XP/Vista
/7
Pentium DualCore 1.8 GHz

1 GB RAM (2 GB for Vista/7)
11 GB hard disk space

256 MB Video Card (ATI Radeon X1900 or NVidia GeForce 7800)

 



No comments:

Post a Comment